was successfully added to your cart.

Keranjang

Pelatihan Dasar CPNS

By Oktober 22, 2018 Juni 25th, 2019 Uncategorized
Pelatihan Dasar CPNS

Pelatihan Dasar CPNS

 

Pelatihan Dasar CPNS – Dalam peraturan baru, pemerintah menerapkan sistem Computer Assisted Tes (CAT) untuk seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Prosedur tes CPNS jadi semakin praktis dan efisien karena didukung oleh teknologi komputer. Sehingga peserta dapat dikontrol langsung melalui server. Berikut ini kami jelaskan Pengertian Tes CAT CPNS.

Menurut BKN (Badan Kepegawaian Negara), yang dimaksud dengan pengertian CAT (Computer Assisted Test ) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Standar kompetensi dasar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme PNS (Pegawai Negeri Sipil), dan CAT dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar CPNS dalam TKD (Tes Kompetensi Dasar).

Pelatihan Dasar CPNS

Dengan sistem komputer, peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer. Pengoperasiannya cukup mudah dan waktu yang tersisa dalam pengerjaan sudah terpampang jelas di monitor. Soal dengan bentuk pilihan ganda membuat kita cukup menggunakan mouse untuk mengklik pilihan yang benar.

Pelaksanaan tes ujian CPNS akan diadakan secara regional. Hal ini dilakukan karena keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri. Sedangkan untuk ujian CPNS pusat akan dibagi dari tiap kementrian maupun lembaga negara yang mengadakan seleksi penerimaan CPNS di lembaganya maupun di kementriannya.

Soal TKD CAT CPNS dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan 3 jenis bidang pengujian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Untuk ujian TKD berbasis komputer atau yang lebih sering disebut Computer Assisted Test (CAT) waktunya adalah 90 menit. Sedangkan kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan masing- masing instansi pembina jabatan fungsional.

Tips Lulus Tes CPNS

  1. Pelajari kisi-kisi tes CPNS

Sebelum seleksi dimulai, pihak kementerian biasanya memberikan kisi-kisi mengenai seleksi serta materi apa saja yang akan keluar saat tes berlangsung. Pastikan Anda membaca kisi-kisi tersebut dengan baik.

  1. Berlatih mengerjakan soal

Anda bisa pergi ke toko buku untuk menemukan kumpulan soal-soal tes CPNS. Beberapa situs juga ada yang menyediakan contoh soal yang telah diujikan dalam seleksi CPNS sebelumnya. Anda bisa mengerjakan soal ini sembari berlatih meningkatkan kemampuan Anda.

  1. Hitung waktu Anda dalam mengerjakan soal

Pelamar juga akan mengikuti Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Tes ini juga untuk menilai kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Selain mencoba berlatih mengerjakan soal, Anda juga perlu menghitung waktu yang dibutuhkan saat mengerjakan soal tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda bisa benar-benar memakai waktu tes dengan bijak.

  1. Pelajari seluk beluk posisi diinginkan

Jangan lupa untuk mempelajari seluk beluk posisi yang inginkan. Lakukan riset sebanyak yang Anda butuhkan untuk meruntuhkan rasa panik yang kemungkinan besar akan melanda diri Anda. Hal ini krusial, agar Anda memiliki senjata ampuh untuk menghadapi kemungkinan buruk yang mungkin timbul saat sedang menjalani tes nantinya.

  1. Persiapkan tubuh dan mental Anda dalam kondisi terbaik

Jantung terasa berdebar, pikiran yang tidak tenang, sikap khawatir, adalah contoh yang kerap dialami orang yang akan menghadapi tes masuk kerja. Meski merupakan hal lumrah, hal ini bisa saja mengganggu Anda untuk mengisi tes dengan baik.

Untuk menghindari hal ini, pastikan tubuh dan mental Anda benar-benar siap sebelum mengikuti tes. Olahraga dan tidur yang cukup bisa membuat Anda makin siap dalam menghadapi tes ini.

  1. Jangan berbohong saat mengisi tes kepribadian

Dalam seleksi CPNS, pelamar akan mengikuti Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini dimaksudkan untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.

Karena sifatnya merupakan tes kepribadian, maka pastikan jawaban yang Anda isi benar-benar jujur. Hindari juga niat untuk mengisi dengan jawaban yang mengada-ada hanya agar Anda bisa diterima.

Untuk mempermudah Anda dalam menghadapi Tes Potensi Akademik, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan Dasar CPNS. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan Dasar CPNS adalah hal yang tidak penting.Tetapi sebenarnya pelatihan Dasar CPNS sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan Dasar CPNS, anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes dengan cepat dan tepat.

Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes CPNS, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes terutama TIU (Tes Intelegensi Umum) dengan cara mengikuti Pelatihan Dasar CPNS.

Apa Itu TIU ?

Tes Intelegensi Umum merupakan salah satu bentuk tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TIU sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan.

Tes TIU juga bertujuan untuk mengukur kapasitas berpikir seorang calon ASN, sehingga hasil tes ini dapat memprediksi apakah seorang ASN akan lebih berhasil dalam prestasi kerjanya ataukah tidak. Selain itu, tes ini bisa mengukur tingkat stress seseorang dikaitkan dengan tuntutan pekerjaan di instansi nantinya.

Calon pelamar yang memiliki kemampuan berpikir yang tinggi akan memiliki proses berpikir dan strategi pemecahan masalah yang efektif dan efisien yang membuatnya lebih mudah mempelajari dan menyelesaikan persoalan, sehingga dia tidak mudah untuk mengalami kecemasan dalam bekerja dan akan memiliki prestasi bekerja yang lebih baik.

Secara umum Tes TIU CAT CPNS meliputi: tes verbal, tes kuantitatif dan tes penalaran.

Tempat & Waktu

Pelatihan dilaksanakan hanya satu hari

Waktu Pelatihan Dasar CPNS di hari libur kerja Sabtu/Minggu (jadwal silahkan lihat disini) mulai Pk. 08.00 s.d 16.30 WIB

Lokasi Pelatihan : Pusat Studi Jepang UI Depok

Jika Anda berminat mengikuti Pelatihan Dasar CPNS, silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

Pelatihan Dasar CPNS

Leave a Reply

1
Hallo..... Ada yang bisa kami bantu ? :)
Powered by