fbpx

Jadwal Penerimaan CPNS 2018

By April 20, 2021Uncategorized

Jadwal Penerimaan CPNS 2018

 

Jadwal Penerimaan CPNS 2018 – Pemerintah akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Juli 2018. Pemerintah menggunakan metode baru dalam penentuan formasi CPNS 2018 ini.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, Kementerian PANRB mengundur jadwal penerimaan CPNS 2018 dari yang semula di awal Juli menjadi kemungkinan di akhir Juli.

Jadwal Penerimaan CPNS 2018

Jadwal Penerimaan CPNS 2018

Jadwal penerimaan CPNS 2018 ini diundur dikarenakan dari Kementerian PANRB menemukan metode baru di Kementerian, Lembaga, Satuan Kerja Perangkat Daerah atau K/L/D-nya sendiri.

Sementara itu, Kepala Biro  Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (Humas) Kementerian PANRB Mudzakir menyatakan, Kementerian PANRB kini sedang diskusi lebih lanjut terkait keputusan penerimaan CPNS 2018. Ia berharap dalam waktu dekat sudah bisa diumumkan kepada masyarakat.

Posisi Prioritas

Sebelumnya, mengutip laman Kementerian PANRB, Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan, lowongan terbesar formasi CPNS tahun 2018 akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis. Langkah ini guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Yang sangat diperlukan adalah spesialisasi keahlian, sehingga perencanaan dan usulan ASN baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional.

Saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Nasional adalah 4,3 juta lebih, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana/administrasi, sebesar 1,6 juta atau sekitar 38 persen. Jadwal Penerimaan CPNS 2018

Untuk mendukung terciptanya birokrasi berkelas dunia tahun 2024, pemerintah menyelenggarakan program strategis yang dimulai dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan.

Jumlah Formasi CPNS 2018 yang akan diterima

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada tahun 2017 telah mengumumkan mengenai seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) daerah akan dibuka secara nasional pada tahun 2018. Setidaknya akan ada 220.000 posisi yang pensiun di tahun 2017. Sebanyak 38.000 berasal dari pemerintah pusat, dan sisanya dari pemerintah daerah.

Hal – hal yang perlu Anda ketahui mengenai Pendaftaran CPNS 2018

  1. Tujuan seleksi penerimaan CPNS 2018

Pemerintah kembali membuka seleksi penerimaan CPNS 2018 – 2019 dilakukan untuk memprioritaskan pembangunan daerah, seperti:

  • Dari 220 PNS yang pensiun, periode seleksi penerimaan CPNS 2018 kali ini akan dilakukan sekitar 50 – 60 % dari jumlah tersebut dan sesuai dengan usulan gubernur atau bupati setempat.
  • Pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS kali ini akan dilakukan di pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten atau kota.
  • Masing – masing pemerintahan memiliki kewenangan dan kebajikan, serta tidak melenceng dari peraturan yang sudah ditetapkan.
  • Untuk daerah tertentu, posisi cpns yang kosong akan diisi dengan orang yang mendaftar CPNS 2018 yang memiliki keterampilan khusus pada suatu bidang tertentu.
  1. Sekitar 110 posisi CPNS akan dibuka

Perkiraan 220.000 PNS yang akan pensiun di tahun 2017, pemerintah membuka lagi seleksi pendaftaran CPNS. Seleksi penerimaan CPNS ini tidak 100 % dari jumlah PNS yang pensiun, tetapi hanya sekitar 50 – 60% dari total PNS yang pensiun yaitu sekitar 110.000 orang saja. Jadi Anda perlu berusaha keras untuk menjadi bagian dari 110.000 orang dan terpilih menjadi PNS di seluruh Indonesia. Jadwal Penerimaan CPNS 2018

  1. Dibuka untuk posisi PNS yang belum terisi

Selain dikarenakan banyaknya PNS yang pensiun di tahun 2017, pembukaan seleksi penerimaan CPNS 2018 ini juga dikarenakan banyaknya posisi kosong yang masih belum terisi. Contohnya saja pada sector BNN. Pada bagian tersebut masih kekurangan pegawai yang bisa menjadi pelatih anjing pelacak narkoba.

  1. Pembukaan penerimaan CPNS direncanakan pada awal tahun 2018

Banyaknya PNS yang pensiun di tahun 2017, pembukaan seleksi penerimaan CPNS perlu dilakukan secepat mungkin, yaitu pada awal tahun 2018. Hal ini dilakukan agar terhindar dari beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan tidak terbengkalai dan tidak tertunda karena kurangnya tenaga kerja yang seharusnya mengerjakan pekerjaan tersebut telah pensiun dari pekerjaannya.

Cara pendaftaran CPNS 2018 secara online

Jika jadwal seleksi penerimaan CPNS 2018 dimulai, inilah saatnya untuk Anda melakukan pendaftaran CPNS 2018 secara online. Berikut cara pendaftarannya.

  • Membuka web dengan alamat www.sscn.bkn.go.id
  • Mengakses bagian Formulir Pendaftaran CPNS 2018
  • Mengisi formulir registrasi sesuai prosedur yang telah ditetapkan
  • Print out hasil pendaftaran.
  • Menggabungkan hasil print out hasil pendaftaran online dengan berkas – berkas persyaratan CPNS 2018 lainnya kemudian mengirim berkas tersebut ke BKD atau BKPP daerah tempat dilaksanakannya seleksi tes CPNS 2018 via kantor pos.

Persyaratan umum CPNS Daerah 2018

  • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara.
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat / tidak atas permintaan sendiri
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS/ONS/Calon Anggota TNI/Polri
  • Tidak berkedudukan sebagai Anggota TNI/Polri
  • Tidak sedang terikat dengan perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
  • Tidak menjadi pengurus dan atau anggota parpol

Persyaratan khusus Pendaftaran CPNS 2018

  • Memiliki ijazah Diploma, Sarjana, dan Magister
  • Lulusan perguruan tinggi negeri ataupun swasta yang terakreditasi oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) atau perguruan tinggi luar negeri yang mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
  • Memiliki IPK minimal 3.00 untuk S2 dan 2.65 untuk S1.
  • Berusia minimal 18 tahun (lahir sebelum 30 November 1998)
  • Berusia maksimal 30 tahun (lahir setelah 30 November 1986) untuk pelamar S1, sedangkan untuk pelamar S2 maksimal berusia 32 tahun (lahir setelah 30 November 1984).
  • Memiliki nilai TOEFL 400 untuk S1, sedangkan S2 memiliki nilai TOEFL 500 (pelaksanaan tes dalam tahun 2017). Jadwal Penerimaan CPNS 2018

Itulah beberapa informasi mengenai Jadwal Penerimaan CPNS 2018. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari PNS 2018. Semoga sukses…

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi TES CPNS, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA CPNS. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA CPNS adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA CPNS sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA CPNS, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes CPNS dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti Pelatihan TPA CPNS kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal.

Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes potensi akademik, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes dengan cara mengikuti Pelatihan TPA CPNS.

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA CPNS Silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

Jadwal Penerimaan CPNS 2018

Leave a Reply

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bergabung Menjadi Afiliasi
This is default text for notification bar