fbpx

Jadwal Rekrutmen CPNS Mundur

By Februari 17, 2021Uncategorized

Jadwal Rekrutmen CPNS Mundur

 

Jadwal rekrutmen CPNS mundur… Hingga kini website sscn.bkn.go.id yang belum bisa diakses, media resmi BKN juga menginformasikan kepada calon pelamar untuk mulai belajar. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) gelombang ketiga direncanakan dibuka awal Agustus 2018.

Informasi pendaftaran CPNS pun kini sedang dicari-cari para peminat. Berulang kali, kata kunci terkait dengan pendaftaran CPNS menjadi topik pencarian terpopuler pada laman mesin pencarian Google.

Jadwal Mundur

Pendaftaran CPNS gelombang ketiga belum dibuka. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI, Asman Abnur mengatakan, saat ini belum ada penerimaan CPNS.

“Belum ada formasi, kalau ada yang beredar itu tidak benar,” ujarnya saat di berada di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (23/7/2018), sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemen-PAN RB, Menpan.go.id.

Namun nampaknya ada kemunduran dari jadwal awal yang diperkirakan mulai Akhir Juli 2018 menjadi Awal Agustus 2018.

Saat ini pengajuan formasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah yang menerima CPNS masih tertahan di Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Kemenpan RB saat ini sedang melakukan verifikasi dan validasi pengajuan formasi.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mengajukan 304 formasi untuk CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada Februari lalu.

Menurutnya, setelah tahapan verifikasi dan validasi baru akan ditetapkan persetujuan teknis alokasi formasi.

“Kemungkinan di awal Agustus kita baru terima alokasi formasi untuk penerima pegawai, karena biasanya ini diumumkan serentak 34 Provinsi,” tambahnya.

Situs resmi

Bagi yang berminat mendaftarkan diri sebagai CPNS, Kemen-PAN RB meminta untuk juga memantau melalui laman resmi Kemen-PAN RB, Menpan.go.id. Juga laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, Bkn.go.id.

Formasi Rekrutmen CPNS

Men-PAN RB, beberapa waktu lalu mengatakan, CPNS akan diterima sebanyak 220 ribu hingga 250 ribu. Kemen-PAN RB dan BKN masih memperhitungkan sejumlah faktor dalam menentukan jumlah CPNS akan diterima, seperti jumlah pegawai yang akan pensiun tahun ini dan belanja pegawai di pemerintah pusat dan daerah.

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Rekrutmen CPNS – Kementerian PAN-RB kini tengah menyusun formasi yang sesuai untuk CPNS 2018. Pengumuman resmi pembukaan pendaftaran cuma disampaikan lewat website resmi Kemenpan RI. Adapun Dokumen yang Harus Dipersiapkan untuk S1 atau tenaga profesional antara lain:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
  3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
  4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:

  1. Materai Rp 6.000
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi ijazah/STTB
  4. Fotokopi ijazah SD
  5. Fotokopi ijazah SLTP
  6. Fotokopi ijazah SLTA
  7. Unggah Foto Latar Warna Merah

Pendaftaran CPNS 2018 di website sscn.bkn.go.id mengsyaratkan foto latar warna merah dan ukuran filter tertentu.

Jika berminat mendaftar CPNS 2018, semoga berkas atau dokumen Anda sudah siap. Meskipun belum dibuka, tak ada salahnya memahami alur pendaftaran melalui website SSCN. Ada beberapa tahap penting yang harus diperhatikan oleh pelamar. Di antaranya terkait pembuatan akun SSCN, login dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Password, mengisi biodata, hingga tahap pengunggahan dokumen persyaratan.

Materi Rekrutmen CPNS

Seperti tes CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, seleksi dengan sistem CAT ini juga mengujikan tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Sistem Computer Assisted Test (CAT) adalah metode seleksi menggunakan software dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Hal ini penting untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil.

Materi Tes Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2018 Sesuai Permenpan RB Nomor (No) 20 Tahun 2017

Seleksi kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
  • Pancasila;
  • Undang-Undang Dasar 1945;
  • Bhineka Tunggal Ika; dan
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).
  1. Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai:
  • Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
  • Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
  • Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuanmelakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
  • Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai:
  • Integritas diri;
  • Semangat berprestasi;
  • Kreativitas dan inovasi;
  • Orientasi pada pelayanan;
  • Orientasi kepada orang lain;
  • Kemampuan beradaptasi;
  • Kemampuan mengendalikan diri;
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok; dan
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

  1. Materi seleksi kompetensi bidang
  • Materi Seleksi Kompetensi Bidang ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud;
  • Dalam hal instansi pembina jabatan fungsional atau instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana belum siap menyusun materi Seleksi Kompetensi Bidang, maka penyusunannya dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian yang bersangkutan;
  • Materi sebagaimana dimaksud angka 1) dan 2) selanjutnya dikoordinasikan dan diintegrasikan ke dalam sistem CAT Badan Kepegawaian Negara.
  1. Peserta dan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang
  • Jumlah peserta yang dapat mengikuti seleksi kompetensi bidang paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan pada masing-masing Jabatan berdasarkan peringkat nilai seleksi kompetensi dasar;
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang harus menggunakan CAT sesuai dengan kebutuhan jabatan menggunakan fasilitas komputer dan penunjang lain yang disiapkan BKN dan atau menggunakan fasilitas komputer dan penunjang Uji Kompetensi Guru (UKG) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dimungkinkan pula menggunakan fasilitas mandiri yang disiapkan oleh instansi di bawah koordinasi BKN;
  • Dalam hal instansi belum siap untuk melaksanakan seleksi kompetensi bidang menggunakan CAT, instansi dapat melakukan minimal 2 (dua) bentuk tes, antara lain: tes praktik kerja (dengan materi dan penguji yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan jabatan), tes fisik/kesemaptaan, psikologis, kesehatan jiwa, dan wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh Jabatan;
  • Instansi harus membuat dan menyampaikan panduan kepada PANSELNAS terkait dengan rencana pelaksanaan seleksi kompetensi bidang sebelum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar dimulai;
  • Pengolahan hasil Seleksi Kompetensi Bidang dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, yang hasilnya disampaikan ke PANSELNAS dalam bentuk softcopy dan hardcopy.

Strategi Lolos Rekrutmen CPNS

Rekrutmen CPNS – Latihan soal sebanyak mungkin. Dengan pengalaman mengerjakan soal CPNS, maka kemampuan Anda akan meningkat. Ini adalah bagian soal yang menentukan Anda lulus atau tidak. Semoga bermanfaat …

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi TES CPNS, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA CPNS. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA CPNS adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA CPNS sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA CPNS, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes CPNS dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti Pelatihan TPA CPNS kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal.

Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes potensi akademik, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes dengan cara mengikuti Pelatihan TPA CPNS.

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA CPNS Silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

Jadwal Rekrutmen CPNS Mundur

Leave a Reply

Lulus Jadi PNS Sambil Dapat Jutaan Rupiah!
This is default text for notification bar