fbpx

Pendaftaran CPNS 2018 Online Lewat HP Android

By Februari 17, 2021Uncategorized

Pendaftaran CPNS 2018 Online Lewat HP Android

 

Pendaftaran CPNS 2018 Online Lewat HP Android – Saat ini teknologi semakin canggih, hal ini sangat mempermudah untuk proses pendaftaran CPNS 2018, sebab di tahun ini benarkah sistem pendaftaran peserta yang ingin ikut seleksi bisa melakukan pendaftaran online Lewat HP Android?

Maka pertanyaan itu berkaitan dengan beberapa pertanyaan lain yang masuk ke admin mengenai beberapa kata kunci yang masuk yaitu “daftar cpns lewat hp, cara daftar cpns lewat hp, bisakah daftar CPNS lewat hp, daftar cpns melalui hp, cara daftar cpns via hp, cara mendaftar cpns lewat online, cara cpns di hp, cara daftar cpns 2018, cara daftar cpns online 2018, cara daftar pns gratis online.”

Pendaftaran CPNS 2018 Online Lewat HP Android

Sebelum membahas hal detail terkait dengan pendaftaran CPNS online tahun 2018 melalui HP Android maka ada beberapa info lain pelengkap dari penjelasan mengenai Cara Cepat Daftar CPNS 2018 Online Lewat HP Android ini.

Hindari faktor yang bisa buat impian menjadi CPNS melayang

Belajar dari pengalaman proses pendaftaran CPNS sebelumnya ternyata ada beberapa peserta yang tampaknya tidak cermat dalam melakukan proses pendaftaran CPNS padahal ia telah mengikuti mekanisme dan prosedur pendaftaran online CPNS tersebut di laman web resmi CPNS yakni sscn.bkn.go.id.

Ingat, ada mekanisme dan prosedur pendaftaran CPNS online yang harus di ikuti peserta agar pendaftaran CPNS bisa berlangsung lancar dan berhasil.

Poin pertama simak penjelasan Herman selaku Humas Menpan pada Rabu (2/7/2017) di Jakarta dulu.

    “Seluruh sistem pendaftaran CPNS dilakukan secara elektronik dan calon pelamar tidak dapat mengubah pilihan dengan alasan apa pun. Jadi supaya membaca dengan baik seluruh prosedur pendaftaran,” kata dia.

Kegagalan pendaftaran yang terbesar dan terbanyak adalah disebabkan oleh kecerobohan dan ketidakcermatan pendaftar. Oleh karena itu, pelamar dianjurkan membaca dan memahami secara menyeluruh ketentuan dan persyaratan pelamaran.

    “Kegagalan mendaftar umumnya karena kecerobohan calon peserta, seperti kesalahan dalam melakukan input data. Jadi, persiapkan kelengkapan data yang dibutuhkan terutama KTP dan KK,” Herman menyarankan.

Calon pelamar melakukan registrasi online dengan mengisi formulir yang telah tersedia menggunakan data kependudukan yang valid, yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK.

    “Jika ada ketidaksesuaian atas data-data kependudukan tersebut, disarankan agar segera memperbaharui data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat,” ucap dia

Selain memperhatikan dengan cermat data diri dan proses pendaftaran CPNS, ia kembali mengimbau supaya calon pelamar memperhatikan poin-poin persyaratan yang sudah ditentukan di MA serta Kementerian Hukum dan HAM.

Apabila terdapat hal-hal yang masih memerlukan penjelasan terkait persyaratan pelamaran tersebut, pelamar dapat menghubungi call center instansi tersebut.

Cara Daftar CPNS Online di SSCN.BKN.GO.ID lewat HP Android

Nah jika cara daftar CPNS lewat HP Android yang dibahas maka ada 2 pertanyaan yang timbul yakni pertama adalah apakah proses pendaftaran itu dilakukan melalui aplikasi daftar cpns online yang diperoleh di play store atau kedua adalah akses link pendaftaran melalui HP.

Untuk keduanya yang diperlukan adalah HP Android tentunya beserta paket internet yang sedang aktif, selanjutnya isi formulir CPNS online dengan langkah-langkah mudah berikut.

Berkas yang diperlukan (wajib) untuk mendaftar CPNS 2018 :

  • Kartu pendaftaran registrasi online (print out)
  • Surat lamaran tulis tangan yang sudah di tanda tangani dengan materai 6000 dan di tujukan untuk Sekretaris Mahkamah Agung RI.
  • Pas foto 4 lembarukuran 4cm x 6cm
  • fotokopi ijazah, fotokopi KTP, dan juga transkrip nilai yang sudah dilegalisir,
  • Surat keterangan akreditasi yang berasal dari BAN PT,

Cara Cepat Mendaftar CPNS Online dengan Lengkap Lewat HP Android

  • Pertama buka situs SSCN sscn.bkn.go.id menggunakan HP Android dan klik menu Pendaftaran.
  • Silahkan isi NIK, beserta nomor KK maupun NIK Kepala Keluarga, kemudian anda isi alamat email aktif beserta password akun portal SSCN, lalu pertanyaan keamanan.
  • Jika sudah mengisinya, pelamar bisa mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2018.
  • Masuk ke situs SSCN dengan klik login masukan NIK dan password pendaftaran tadi.
  • Silahkan anda lengkapi biodata, lalu memilih instansi, formasi sesuai instansi, serta mengunggah dokumen formulir pendaftaran diatas.
  • Selanjutnya anda akan memperoleh Kartu Pendaftaran SSCN 2018.
  • Pelamar akan melakukan pemberkasan berdasarkan persyaratan pendaftaran dari masing-masing instansi, lampirkan juga copy Kartu Pendaftaran SSCN 2018 buat proses Verifikasi.
  • Kemudian, tim verifikator bakal melakukan verifikasi pemberkasan yang diunggah/dikirimkan ketika pendaftaran.
  • Jika lulus, nanti akan di beritahukan pada pengumuman kelulusan Tes SKD CPNS 2018.

Penjelasan Lebih Lanjut mengenai Cara Daftar CPNS Online Lewat HP

  1. Buka situs sscn.bkn.go.id Lewat HP

Langkah pertama untuk mendaftar CPNS lewat HP android, iOS atau Windows phone silahkan kunjung situs https://sscn.bkn.go.id/ lewat browser di HP anda. Nah disitus anda bisa melihat terlebih dahulu pengumuman CPNS, syarat pendaftaran CPNS, alur proses pendaftaran CPNS dan Pendaftarannya langsung.

  1. Melakukan Validasi NIK

Selanjutnya silahkan masukan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari Pelamar beserta Nomor Kartu Keluarga maupun NIK Kepala Keluarga. Isi dengan benar dan tepat agar proses dapat berjalan lancar.

  1. Isi Biodata dari Pelamar

Silahkan anda cek data-data dari berkas yang di perlukan seperi NIK, KK,, KTP dan berkas lainya agar tidak bermasalah nanti pada proses selanjutnya. Cek nama, alamat, tanggal lahir dan data-data lainya yang di perlukan.

  1. Cetak Kartu Data-data Akun SSCN

Setelah anda mendaftar dengan mengisi data-data pribadi selanjutnya anda mencetak atau print kartu informasi tersebut. Silahkan anda simpan file tersebut karena itu menjadi bukti bahwa anda telah mendaftar CPNS recruitment.

  1. Tentukan Instansi terkait

Disini anda tinggal memili intansi terkait kemudian iisi dengan data-data yang lengkap sesuai yang tadi anda isi pada form pengisian data pribadi. Kelengkapan dan ketepatan data akan membuat proses pelamaran lebih lancar.

  1. Tentukan jabatan sesuai kualifikasi

Selanjutnya anda pilih dan tentukan jabatan anda sesuai dengan kualifikasi, isi alaman dan data lainya dengan benar dan tepat, cek kembali keakuratan data yang di masukan dengan berkas anda. Setelah itu tekan simpan dan kemudian upload atau unggah berkas-berkas yang diminta

Note : Untuk pelamar yang ingin print kartu informasi dari akun, kartu info pendaftaran SSCN, dan juga kartu peserta ujian CPNS silahkan dilihat dalam menu Riwayat.

Waktu Pembukaan CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018 kemungkinan baru bisa diumumkan  akhir Juli atau awal Agustus mendatang. Ini lantaran pemerintah masih  terus melakukan validasi data berapa kebutuhan pegawai yang diajukan pemerintah pusat dan daerah.Karena itulah, maka jumlah total formasi dan kuota CPNS 2018 masih belum diketahui dan akan dibuka secara bersamaan. Demikian dikatakan  Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mudzakir.

Adapun formasi CPNS 2018, menurut Mudzakir,  sudah bisa dipastikan akan memprioritaskan tiga sektor. Yang pertama adalah tenaga pendidikan, kedua adalah tenaga kesehatan dan yang terakhir adalah tenaga teknis. “Menyangkut kuota, tentu nanti kembali umumkan secara resmi. Tetapi betul bahwa secara umum seperti yang disampaikan oleh pak Menteri kuotanya itu akan menyangkut tenaga pendidikan , tenaga kesehatan dan juga tenaga teknis. Tapi rincian detailnya tentu belum bisa kita sampaikan Sekarang, mohon bersabar nanti akan segera kami umumkan,” jelasnya.

Mengenai total kuota yang dibutuhkan untuk mengisi tenaga kesehatan, Mudzakir menyebut akan dibuka cukup banyak formasi. Hal tersebut seiring meningkatnya jumlah rumah sakit, klinik dan puskesmas yang ada di Indonesia. “Ini kan data-data pemerintah yang disampaikan formasi kan diajukan secara top up dari daerah ke Kementerian melalui sistem e-formasi nanti diolah dengan berbagai pertimbangan. Nah ada beberapa hal hal yang perlu diperhatikan nantinya akan muncul angka-angka itu,” kata Mudzakir.

Mudazkir menyebut jika data yang diajukan oleh Kementerian Kesehatan sudah dia dapatkan. Saat ini data tersebut masih terus diolah sebelum akhirnya benar-benar di publish ke publik. “Kemenkes sudah menyampaikan, dengan berbagi pertimbangan kan itu ada analisis struktur organisasinya, beban kerjanya , tenaga yang ada, tenaga yang dibutuhkan tentu mereka sudah menyampaikan,” tegasnya.

Sebelumnya, BKN merilis tata cara dan mekanisme pendaftaran CPNS 2018, Senin (16/7/2018.

Tata cara dan mekanisme pendaftaran CPNS 2018 ini diposting di akun resmi BKN. Para calon pelamar CPNS 2018 wajib baca. Deputi Sistem Informasi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Iwan Hermanto, berharap para peserta membaca baik-baik informasi ini.

Sehingga meminimalisir kesalahan saat mengupload yang dibutuhkan saat pendaftaran nanti. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah selesai menggelar Rapat  Koordinasi Nasional (Rakornas) pada Rabu (11/7/2018) lalu.

Pada rapat tersebut, Iwan Hermanto selaku Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, juga memaparkan mengenai Mekanisme Seleksi CPNS Terintegrasi. Melalui sistem terintegrasi ini, seluruh proses seleksi CPNS 2018 akan dilakukan melalui satu link yaitu SSCN.

Itu berarti calon peserta CPNS 2018 hanya dapat mendaftar melalui link sscn.bkn.go.id. Link tersebut akan diintegrasikan dengan berbagai link instansi perdaerah yang akan membukan lowongan CPNS.

Kapan Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 ?

Oh yah, yang tak kalah penting adalah kapan pengumuman pendaftaran CPNS 2018? Pengumuman pendaftaran akan disampaikan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Pekan lalu, Menteri PAN RB, Asman Abrar, memastikan pengumuman pendaftaran CPNS 2018 paling telat akhir Juli 2018 ini. Pengumuman disampaikan melalui website resmi Kemenpan RB, www.menpan.go.id. Setelah pengumuman pendaftaran CPNS 2018, pelamar mendaftr di website Badan Kepegawaian Negara BKN di: http://sscn.bkn.go.id So, para peminat CPNS wajib memantau terus dua website berikut:

  1. kemenpan.go.id
  2. bkn.go.id

Sekian informasi dari kami mengenai pendaftaran CPNS Online lewat HP, Nah berhasil maka bisa lanjut dengan proses pendaftaran secara offline. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan referensi buat anda yang mau melamar CPNS. Terima kasih.

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi TES CPNS, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA CPNS. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA CPNS adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA CPNS sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA CPNS, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes CPNS dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti Pelatihan TPA CPNS kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal.

Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes potensi akademik, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes dengan cara mengikuti Pelatihan TPA CPNS.

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA CPNS Silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

Pendaftaran CPNS 2018 Online Lewat HP Android

Leave a Reply

Lulus Jadi PNS Sambil Dapat Jutaan Rupiah!
This is default text for notification bar