fbpx

Soal CAT CPNS

By Februari 17, 2021Uncategorized

Soal CAT CPNS

Soal CAT CPNS

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2017 ini telah mendapatkan perhatian dari kebanyakan masyarakat di Indonesia yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) jalur umum. Pada tahun 2017 ini, Pemerintah telah resmi mengumumkan rekrutmen CPNS yang dibagi menjadi 2 Periode. Periode pertama, lowongan CPNS dibuka untuk Instansi Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan untuk periode yang kedua, lowongan CPNS dibuka untuk kurang lebih 61 lembaga/intansi pemerintahan yang telah diumumkan langsung di website sscn.bkn.go.id. Proses pendaftaran CPNS tahun 2017 ini tergolong bagus, menggunakan sistem terpusat pada website SSCN. Jadi, daftarnya harus secara online. Untuk seleksi penerimaan sendiri yang paling harus diperhatikan oleh para pelamar adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem ujian online yang disebut dengan istilah Computer Assisted Test (CAT). Ujian CAT sendiri bisa dibilang mudah juga bisa dibilang susah. Maka dari itu, para pelamar CPNS harus sering-sering berlatih soal CAT CPNS.

Ujian CAT CPNS 2017

Pada kesempatan ini, kami ingin memberikan informasi yang sangat berguna bagi para pelamar CPNS Tahun 2017 ini baik pelamar periode 1 (CPNS Kemenkumham dan MA) dan pelamar periode 2 (untuk 61 Intansi/Lembaga). Anda dapat mengunduh atau Download Contoh Soal CAT BKN yang umumnya digunakan untuk Seleksi Kompetensi Dasar pada penerimaan CPNS Tahun 2017 ini. Contoh Soal SKD berbasis CAT CPNS 2017 ini sudah termasuk meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteleginsia Umum (TIU) dn Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal CAT CPNS pada seleksi kompetensi dasar ini dapat digunakan sebagai latihan untuk para pelamar CPNS yang akan menghadapi soal CAT CPNS pada tanggal dan waktu yang sudah ditentukan oleh panitia.

Sebelum Anda mendownload soal CAT CPNS Kemenkumham SLTA dan Periode 2, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih lanjut tentang materi-materi yang akan diujikan pada tes Seleksi kompetensi dasar yang menggunakan sistem ujian CAT BKN ini. Sesuai dengan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2017 Tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2017 yang disitu juga dijelaskan mengenai tes pada seleksi kompetensi dasar yang harus diikuti oleh para peserta Rekrutmen CPNS 2017.

Yang dimaksud dengan kompetensi dasar adalah kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang pegawai negeri sipil Republik Indonesia. Sedangkan yang dimaksud dengan CAT adalah suatu metode seleksi/tes dengan menggunakan komputer.

Materi Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2017 ini meliputi:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Soal CAT CPNS ini diberikan kepada para pelamar CPNS tahun 2017 dengan tujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) pilar kebangsaan Indonesia yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

  1. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Soal CAT CPNS ini diberikan kepada para pelamar CPNS tahun 2017 dengan tujuan untuk menilai Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis, kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka, kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara tuntut dan sistematis dan kemampuan berpikir analtis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes ini diberikan dengan tujuan untuk menilai Integritas diri para pelamar CPNS, Semangat berprestasi, kreativias dan inovasi, Orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemampuan dan kemauan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Pada tes seleksi kompetensi dasar yang menggunakan sistem CAT ini para peserta wajib mendapatkan nilai yang sesuai atau memenuhi passing grade (nilai ambang batas). Apabila para peserta sudah mencapai nilai diatas atau memenuhi passing grade maka peserta ujian dinyatakan lulus ujian CAT SKD.

Namun, untuk beberapa kementerian peserta yang telah lulus ujian CAT SKD belum tentu semuanya akan mengikuti atau bisa mengikuti tes selanjutnya yaitu seleksi kompetensi bidang. Karena semua peserta yang lulus nantinya akan dirangking dan diambil sesuai dengan kuota untuk mengikuti seleksi kompetensi bidang.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai soal CAT CPNS yang menggunakan ujian sistem CAT (komputer) bagi para pelamar CPNS tahun 2017 ini baik dari CPNS MA, KemenkumHAM maupun CPNS Periode 2 (dari 61 Instansi/lembaga) yang akan mengikuti proses seleksi kompetensi dasar.

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi TES CPNS, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA CPNS. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA CPNS adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA CPNS sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA CPNS, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes CPNS dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti Pelatihan TPA CPNS kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal.

Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes potensi akademik, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes dengan cara mengikuti Pelatihan TPA CPNS.

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA CPNS Silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

Soal CAT CPNS

Leave a Reply

Lulus Jadi PNS Sambil Dapat Jutaan Rupiah!
This is default text for notification bar