fbpx

Syarat Pendaftaran CPNS 2018

By Februari 17, 2021Uncategorized

Syarat Pendaftaran CPNS 2018

 

Syarat Pendaftaran CPNS 2018 – Pemerintah bakal membuka penerimaan CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 setelah pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Kemungkinan besar penerimaan CPNS 2018 dibuka Juli 2018.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan pembukaan penerimaan CPNS bisa berlangsung pada Juli 2018 jika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sudah menyelesaikan formasi penerimaan CPNS.

Syarat Pendaftaran CPNS 2018

Syarat Pendaftaran CPNS 2018

Bagi Anda yang ingin mencoba kesempatan untuk menjadi CPNS tahun ini, ada baiknya menyiapkan syarat-syarat umum. Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai tenaga profesional, dokumen atau berkas yang harus anda penuhi dan persiapkan adalah sebagai berikut ini.

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Ijasah dan Transkip Nilai yang Sudah di Legalisir
  • Surat Keterangan Akreditas dari BAN Perguruan Tinggi
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar dengan background berwarna merah.

Bagi lulusan SMA atau D3, dokumen dan berkas yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Materai Rp. 6.000
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijasah/STTB
  • Fotokopi Ijasah SD, SLTP, dan SLTA

Persyaratan Umum Pendaftar CPNS 2018

Dirangkum oleh salah satu surat kabar elektronik penerimaan CPNS gelombang I dan gelombang 2 akan segera dibuka. Berikut informasi yang wajib diketahui oleh calon pelamar mengenai beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi:

  • Warga Negara Indonesia

Syarat wajib penting dan yag harus dipenuhi oleh para pelamar CPNS 2018 adalah pelamar harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada  Tuhan yang Maha Esa, setia dan taat kepada pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Selain itu, pelamar juga merupakan WNI yang sehat jasmani serta rohaninya.

  • Berkelakuan Baik dan Terpuji

Calon Pegawaian Negeri Sipil atau CPNS 2018 harus merupakan orang yang memiliki perilakua baik dan tidak pernah dihukum atau dipenjara berdasarkan keputusan dari pengedilan sebagai kuasa hukum tertinggi.

  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat oleh instansi sebgaia PNS/Anggota TNI atau Polri atau tidak diberhentikan dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Pelamar tidak sedang menyandang gelar sebagai CPNS atau PNS atau Calon Anggota TNI atau Polri serta tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.

Persyaratan Khusus Pendaftar atau Pelamar CPNS 2018

Sedangkan untuk syarat pendaftaran CPNS wajib khusus yang harus dipenuhi oleh para pelamar CPNS 2018 adalah sebagai berikut ini:

  • Pelamar memiliki ijazah Magister/master S2, Sarjana S1 dan Diploma D3 sesuai dengan formasi jabatan yang dipilih dan dibutuhkan oleh pelamar.
  • Calon pelamar merupakan lulusan dari perguruan tinggi negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sudah memiliki akreditasi oleh BAN PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang sudah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud).
  • Syarat IPK bagi pelamar adalah 3.00 untuk pelamar lulusan S2 dan 2,65 untuk pelamar lulusan S1
  • Berusia minaml 18 tahun, untuk pelamar s1 maksimal umur 30 tahun sedangkan untuk pelamar lulusan S2 umur maksimal 32 tahun
  • Nilai TOEFL minimal yang harus dimiliki oleh pelamar adalah sebesar 400 untuk lulusan S1 dan Nilai TOEFL 500 untuk S2.

Tata Cara dan Syarat Pendaftaran CPNS 2018

  1. Bagi anda yang berniat untuk mendaftarkan diri anda bisa memiulai proses pendaftaran pelamar melalui situs online masing-masing kementerian/CPNS Daerah yang sudah diumumkan.
  2. Setelah itu, anda bisa mengisi formulir pendaftaran secara online dan mencetak fomulir tersebut lalu menandantanganinya dengan tinta warna hitam.
  3. Setelah mengisi formulir pendaftaran secara online, maka pelamar akan memperoleh nomor pendaftaran yang dapat digunakan sebagai nomer identitas pelamar CPNS 2018.
  4. Setelah itu, Pelamar diharuskan untuk mengunggah dokumen yang dibutuhkan:
  • Pas foto terbaru berwarna berlatar belakang merah. File Foto dalam format JPG, dengan besar maksimal 400 kB.
  • Hasil scan ijazah asli dalam format file JPG, dengan besar maksimal 400 kB.
  • Hasil scan transkrip asli nilai akademis dalam format JPG, dengan besar maksimal 400 kB.

    Dengan Mengirimkan beberapa berkas sebagai berikut:

  • Tempelkan Formulir pendaftaran yang sudah dicetak pada sampul map;
  • Kirim softfile Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang bisa diunduh dari akun pelamar melalui situs online;
  • Siapkan 1 lembar fotokopi ijazah beserta transkrip nilai yang sudah dilegalisir disertai dengan cap dan tanda tangan asli;
  • Fotokopi Surat Keterangan Sehat dari dokter atau instansi kesehatan pemerintah terkait;
  • Surat pernyataan yang menyatakan bahwa menyetujui ketentuan dan syarat Seleksi CPNS, kemudian ditandatangani di atas materai Rp.6000,-. Pastikan Surat pernyataan tersebut dapat diunduh dari akun anda sebagai pelamar melalui situs online;
  • Kirimkan juga pas foto terbaru ukuran 3×4 dengan background merah sebanyak 3 lembar. Tulis nama pelamar di bagian belekang 2 lembar foto dan tempelkan 1 lembar foto di formulir pendaftaran;
  • Fotokopi sertifikat TOEFL; dan
  • Fotokopi KTP yang masih berlaku.

Susun rapi semua kelengkapan berkas sesuai dengan urutan diatas, lalu masukkan berkas ke dalam map. Masukkan map kedalam amplop coklat, tempelkan nomor pendaftaran pada pojok kiri atas amplop dan dikirimkan melalui pos tercatat kepada pada situs online;

*Bagi Pelamar yang tidak mengikuti tata cara dan persyaratan yang sudah ditentukan sebelumnya maka secara otomatis akan terdiskualifikasi.

Pelaksanaan Ujian atau Tes CPNS 2018

Bagi pelamar yang sudah memenuhi persyaratan dan lolos seleksi administrasi nantinya kan diumumkan melalui situs online. Bagi peserta yang lolos, mereka bisa mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang akan dilaksanakan setelah seleksi administrasi selesai. Mencetak kartu tanda peserta ujian melalui situs online dari kementerian atau pemerintah daerah setempat bagi pelamar yang memenuhi syarat administrasi.

Itulah beberapa informasi mengenai syarat pendaftaran CPNS 2018 yang wajib dan harus dipenuhi oleh calon pelamar CPNS 2018 yang bisa kami informasikan. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat …

Untuk mempermudah anda dalam menghadapi TES CPNS, ada baiknya anda mengikuti Pelatihan TPA CPNS. Mungkin bagi sebagian orang, mengikuti pelatihan TPA CPNS adalah hal yang tidak penting. Tetapi sebenarnya pelatihan TPA CPNS sangat bermanfaat. Karena saat mengikuti Pelatihan TPA CPNS, Anda akan mendapatkan trik dan tips untuk menghitung agar kita dapat berpikir simple agar dapat menjawab soal-soal Tes CPNS dengan cepat dan tepat. Lalu dengan mengikuti Pelatihan TPA CPNS kita akan diberikan materi-materi yang harus kita hafal.

Nahh, untuk Anda yang ingin mengikuti tes potensi akademik, Anda perlu belajar dulu supaya menguasai betul-betul materi tes dengan cara mengikuti Pelatihan TPA CPNS.

Info Lebih Lanjut Mengenai Pelatihan TPA CPNS Silahkan KLIK WhatsApp Sekarang

Syarat Pendaftaran CPNS 2018

Leave a Reply

Lulus Jadi PNS Sambil Dapat Jutaan Rupiah!
This is default text for notification bar